Pilpres 2024 PPP-PAN Dukung Ganjar Pranowo, Airlangga: Tanya ke Ketum Masing-masing

Fajarpos.com
Fajarpos.com

Jakarta, FP Politik – Pengurus daerah PPP menyatakan siap mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Bahkan PPP berencana akan usulkan nama Gubernur Jawa Tengah itu ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Dukungan ke Ganjar untuk Pilpres 2024 tidak hanya dari PPP, PAN pun siap mengusung dan mendukung.

Padahal PPP dan PAN resmi tergabung dalam KIB bersama Partai Golkar. Sementara, Golkar bersikukuh mengusung ketua umumnya, Airlangga Hartarto. 

Ketika ditanya soal dukungan partai koleganya PPP-PAN, Airlangga enggan menanggapi. Dia tidak ingin ikut campur urusan internal PPP dan PAN.

“Itu tanya ke ketum masing-masing,” ujar Airlangga saat jalan sehat di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/10/2022).

Namun, Ketum Golkar Airlangga memastikan KIB akan menggelar deklarasi calon presiden dan calon wakil presiden dalam waktu dekat. Deklarasi ini bakal digelar setelah koalisi merampungkan susunan visi dan misi.

“KIB akan kita tentukan, masih dalam visi misi, sosialisasi,” kata Airlangga.

Deklarasi calon presiden dan calon wakil presiden akan dilakukan pada awal November 2022. Acara akan digelar di wilayah Indonesia bagian timur.

“Acara berikutnya kami persiapkan pada awal November di wilayah Indonesia Timur,” ujar Airlangga.

Partai Golkar tetap konsisten mengusung Ketua Umum Airlangga Hartarto sebagai calon presiden (capres) 2024. Hal itu disampaikan, karena PAN dan PPP yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) memunculkan Gubernur Ganjar Pranowo sebagai salah satu yang diusulkan menjadi capres.

“Kalau Partai Golkar konsisten dengan hasil keputusan munas (mengusung Airlangga Hartarto sebagai capres),” kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Jumat 14 Oktober 2022.

***